Monitoring dan evaluasi dalam satuan pendidikan merupakan bagian yang terpenting dalam sebuah instansi / sekolah. Conor ( 1974 ) menjelaskan bahwa keberhasilan dalam mencapai tujuan, separuhnya ditentukan oleh rencana yang telah ditetapkan dan setengahnya adlah bagian dari fungsi pengawasan. Pada umumnya, manajemen menekankan terhadap pentingnya kedua fungsi ini, yaitu perencanaan dan pengawasan. Hal ini didasari oleh adanya pemikiran bahwa dengan menggunakan pemantauan dan penilaian dapat diukur tingkat kemajuan program pendidikan dari sekolah tingkat kecamatan hingga ke tingkat provinsi dan selanjutnya. Hal ini dapat digunakan untuk menghasilkan informasi guna mendukung pengambilan keputusan.
Dengan adanya informasi tersebut diharapkan dalam strategi pengelolaannya harus dilakukan depat cepat dan tepat. Monitoring sendiri adalah sebuah kegiatan untuk mendapatkan informasi tentang pelaksaan dari penerapan kebijakan sehingga dapat disimpulkan bahwa focus daripada monitoring itu sendiri berdasarkan pada pelaksanaannya bukan berdasarkan hasil. Sementara itu evaluasi adalah proses untuk mendapatkan informasi tentang hasil, dimana informasi ini dibandingkan dengan sasaran atau target yang telah ditetapkan. Jika hasilnya sesuai dengan sasaran artinya apa yang telah ditetapkan berhasil atau efektif namun apabila sebaliknya maka evaluasi tersebut dianggap tidak efektif / gagal.
Monitoring dan evaluasi ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang digunakan untuk pengambilan keputusan. Hasil dari monitoring akan digunakan untuk memberikan binaan berupa masukan ( umpan balik ), bagi perbaikan pelaksanaan program, sedangkan hasil dari evaluasi dapat memberikan informasi yang dapat digunakan untuk memberikan masukan – masukan terhadap keseluruhan komponen.
Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi SMK Negeri 10 Jakarta, dilaksanakan hari senin – selasa, tanggal 3 – 4 November 2014. Asesor yang melakukan Monitoring dan Evaluasi :
- Drs. Mulyadi, MPd
- Drs. H. Murtias Munaf, MPd
- Drs. H. Sudarto, MPd
Bagian-bagian yang diperiksa antara lain : Tata Usaha (Mutasi, Kleper, Buku Induk, IIIA dan 8355, Presensi Pegawai / Guru PNS dan honorer, Inventaris barang dll) Kurikulum ( Program kerja guru, Silabus, RPP, Remedial, Penilaian KTSP dan Kurikulum 2013, Portofolio dll ) Humas (Program kerja, Penelusuran Alumni, keterserapan lulusan di dunia kerja dan yang melanjutkan kuliah serta yang belum kerja atau kuliah, kerjasama DUDI untuk kepentingan validasi kurikulum dan perekrutan karyawan atau pegawai dll) Kesiswaan (Program kerja, Kegiatan Ekskul yang dilaksanakan, jadwal ekskul, materi ekskul, tata tertib sekolah dll). secara menyeluruh kegiatan Monitoring dan Evaluasi berjalan dengan baik sesuai dengan di rencanakan, dengan kegiatan ini diharapkan meningkatan kualitas dari administrasi sekolah menyangkut guru, karyawan dan siswa.
Adapun panitia pelaksana Monitoring dan Evaluasi SMK Negeri 10 Jakarta :
No. | Nama | Jabatan Dalam Dinas | Jabatan Dalam Panitia |
1 | Drs. Tikno Subadi | Kepala Sekolah | Pengarah |
2 | Dra. Odah Saodah | Waka. Bid. M. Mutu | Ketua |
3 | Hj. Fitriani Rozi, SE, M.Pd | Waka. Bid. Kurikulum | Wakil Ketua |
4 | Kastra, S.Sos | Kasubag. Tata Usaha | Sekretaris |
5 | Drs. Turmanto | Guru | Bendahara |
6 | Drs. Daryono | Waka Bid. Humas | Anggota |
7 | Drs. Bimo Suciono, MM | Waka Bid. Kesiswaan | Anggota |
8 | Dra. Ida Indrawati | Kajur Adm. Perkantoran | Anggota |
9 | Eko Suryanto | Kajur Rek. Perkt. Lunak | Anggota |
10 | Dra. Hj. Syifa | Kajur Akuntansi | Anggota |
11 | Rusdi Subandi, S.Pd | Kajur Pemasaran | Anggota |
12 | Uu Fathulloh, S.Pd | Koord. BKK | Anggota |
13 | Istiana Yulianti, S.Pd | Koord. Bisnis Center | Anggota |
14 | Dra. Hermi | Guru BP/BK | Anggota |
15 | Dra. Puspa Rini | Guru BP/BK | Anggota |
16 | Nurlailah, S.Pd | Guru BP/BK | Anggota |
17 | Ickhsan Al Nursan, S.Pd | Guru | Anggota |
18 | Tiomsi Sitorus, S.Th | Guru / Perpustakaan | Anggota |
19 | Resti Gitasavitri, S.Kom | Pelaksana Perpustakaan | Anggota |
20 | Muh. Nurrohman, S.Kom | Guru | Anggota |
21 | Rapmauli S. | Staf Tata Usaha | Sekretariat |
22 | Khozanah, A.Md | Staf Tata Usaha | Sekretariat |
23 | Rustam | Staf Tata Usaha | Sekretariat |
No responses yet