Hari Pendidikan Nasional, disingkat HARDIKNAS, adalah hari yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara, tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa, diperingati pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya. Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei, bertepatan dengan hari ulang tahun Ki Hadjar Dewantara, pahlawan nasional yang dihormati sebagai bapak pendidikan nasional di Indonesia. Ki Hadjar Dewantara lahir dari keluarga kaya Indonesia selama era kolonialisme Belanda, ia dikenal karena berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda pada masa itu, yang hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya yang bisa mengenyam bangku pendidikan.

Kritiknya terhadap kebijakan pemerintah kolonial menyebabkan ia diasingkan ke Belanda, dan ia kemudian mendirikan sebuah lembaga pendidikan bernama Taman Siswa setelah kembali ke Indonesia. Ki Hadjar Dewantara diangkat sebagai menteri pendidikan setelah kemerdekaan Indonesia. Filosofinya, tut wuri handayani (“di belakang memberi dorongan”), digunakan sebagai semboyan dalam dunia pendidikan Indonesia. Ia wafat pada tanggal 26 April 1959. Untuk menghormati jasa-jasanya terhadap dunia pendidikan Indonesia, pemerintah Indonesia menetapkan tanggal kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional.

SMK Negeri 10 Jakarta pada hari Sabtu, 02 Mei 2015 melaksanakan kegiatan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, dalam upacara tersebut bertema “Pendidika dan Kebudayaan sebagai Gerakan Pencerdasan dan Penumbuhan Generasi Berkarakter Pancasila”

Sebagai Pembina upacara Dra. Trisnawati,

Pemimpin                       : Ferdi Manggala Putra (X-PM2)

Protocol                          : Meiganada Puspaputri

UUD 1945                     : Amelia Rahmawati       (10 AP 2)

Pembacaan Doa         : Nurul Okta (10 PM1)

Pengatur                        : Aulia Rahmayani Taufik (10 AP 2)

Danton 1                        : Kamila Maharani (XI PM 1)

Danton 2                        : Ira Sulistyani   (X AP 2)

Pengibar Bendera 1        : Prayoga Eka S. (XI PM 1)

Pengibar Bendera 2        : Putri Andini Utami (XI PM1)

Pengibar Bendera 3        : Johari Tri Wibowo (X AP 1)

Pasukan                                 : Adinda Febriana (XI AK 2)

Mia Fitriya Rachmawati (XI AK 2)

Dela Pandu Aswono (XI-AK1)

Ega Ayu Violita (X AP 2)

Casmeliana (X AK1)

Ika Dyan (X AP2)

Danton Pasukan            : Fatiya Nabilah (XI AK 1)

Dalam upacara tersebut dihadiri seluruh Guru, Staff Tata Usaha dan Siswa-siswi SMK Negeri 10 Jakarta. Semua rangkaian acara berjalan dengan tertib dan khidmat. Dengan hari pendidikan nasional tahun ini, diharapkan akan banyak lahir generasi yang berkarakter pancasila dan generasi yang berprestasi khususnya untuk SMK Negeri 10 Jakarta.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *