Robotika adalah satu cabang teknologi yang berhubungan dengan desain, konstruksi, operasi, disposisi struktural, pembuatan, dan aplikasi dari robot.Robotika terkait dengan ilmu pengetahuan bidang elektronika, mesin, mekanika, dan perangkat lunak komputer.

Pemikiran tentang pembuatan mesin yang dapat bekerja sendiri telah ada sejak Era Klasik, namun riset mengenai penggunaannya tidak berkembang secara berarti sampai abad ke-20. Kini, banyak robot melakukan pekerjaan yang berbahaya bagi manusia seperti menjinakkan bom, menjelajahi kapal karam, dan pertambangan.

Dalam rangka menumbuhkan pengetahuan tentang robotika, Dinas Pendidikan DKI Jakarta bekerja sama dengan Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta dan di sponsori oleh perusahaan yang bergerak dibidang robotik yaitu CV. Krisna Mandiri, yang mengadakan acara Workshop, Pameran dan Lomba Robotika pada tanggal 19 – 21 Oktober 2015 di Gedung Nyi Ageng Serang,Jakarta.

Peserta mulai dari SD-SMP-SMA/SMK se DKI Jakarta, acara ini bertema “Transformasi Generasi Produktif” dan SMK Negeri 10 Jakarta menjadi salah satu peserta workshop, pameran dan lomba robotika, dalam Workshop tersebut SMK Negeri 10 Jakarta menampilkan hasil karya dari siswa-siswinya, diantara “Home Automotion”.

Home automation adalah suatu rumah yang dilengkapi dengan sistem yang diintegerasikan untuk mengontrol alat – alat yang ada di rumah. Alat – alat tersebut dipadukan dalam suatu teknologi canggih guna mempermudah sang pemilik rumah untuk mengontrol keadaan dari alat – alat tersebut dengan penggunaan yang efesien dan mudah. dan lebih lengkapnya bisa di lihat disini :

http://it-club.smkn10jakarta.sch.id/search/6

selain Home Automation SMK Negeri 10 Jakarta juga menampilkan aplikasi Sistem Administrasi Sekolah yang di dalamnya ada beberapa aplikasi yang terintegrasi diantaranya :

  1. Aplikasi POS (Point Of Sale)
  2. Aplikasi Bank Mini
  3. Aplikasi Kantin Kejujuran
  4. Aplikasi Presensi Siswa
  5. Aplikasi Digital Signance
  6. Aplikasi Ujian Online
  7. Aplikasi Perpustakaan
  8. Aplikasi Koperasi
  9. Aplikasi Pembayaran uang sekolah
  10. Portal Siswa dan Guru

dalam pameran tersebut banyak yang antusias atas hasil karya / produk dari siswa-siswi SMK Negeri 10 Jakarta, termasuk Bapak Wakil Gubernur DKI Jakarta, Bapak Djarot Saeful Hidayat yang menghadiri acara ini, selain itu Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta yaitu Bapak Arie Budiman juga banyak bertanya dengan hasil karya siswa-siswi SMK Negeri 10 Jakarta, dalam acara tersebut sangat meriah dengan adanya workshop dan lomba robotika. Kepala SMK Negeri 10 Jakarta yaitu Ibu Dra. Trisnawati, mensupport penuh atas keikutsertaan SMK Negeri 10 Jakarta dalam kegiatan tersebut, tentunya menjadi suatu kebanggaan tersendiri atas hasil karya yang sudah dihasilkan oleh siswa-siswi SMK Negeri 10 Jakarta.