Sesuai dengan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Bawesdan sebagaimana disampaikan dalam konferensi pers (23/1/2015) di Jakarta,  mulai tahun 2015 Ujian Nasional (UN) dilaksanakan dalam dua bentuk, yaitu Paper Based Test (PBT) dan Computer Based Test (CBT).  Khusus untuk UN CBT pada tahun  2015 akan diterapkan secara terbatas pada sekolah   yang dinilai layak melaksanakan UN CBT, untuk jenjang SMP, SMA, dan SMK sederajat.

Sehubungan dengan persiapan pelaksanaan UN CBT, BSNP telah melakukan rapat koordinasi dengan mengundang dua mitra kerja utama di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) dan Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom) pada hari Selasa (3/2/2015) di Jakarta.

Di SMKN 10 Jakarta tahun ini menjadi salah satu pelopor ujian nasional berbasis komputer dari kurang lebih 500 sekolah negeri dan swasta di seluruh Indonesia, SMKN 10 Jakarta mempersiapkan UN CBT sudah dari 2 bulan sebelum UN CBT yang nanti dilaksanakan pada tanggal 13-16 April 2015.

Persiapan yang sudah dilakukan diantaranya :

  1. Mempersiapkan sarana dan prasarana yang akan digunakan untuk UN CBT terutama laboratorium Komputer.
  1. Sosialisasi dengan siswa tentang UN CBT yang meliputi, kemudahan yang diberikan dengan mengikuti UN CBT, dan bagaimana tentang proses pelaksanaannya.
  1. Mengenalkan aplikasi CBT dan melakukan Uji coba UN CBT setiap hari sabtu dan minggu, serta melakukan gladi resik secara nasional.
  1. Muhasabah, untuk Instropeksi Diri berarti introspeksi akan dirinya sendiri, menghitung diri dengan amal yang telah dilakukan dari masa-masa yang telah lalu. Manusia yang beruntung adalah manusia yang tahu akan dirinya sendiri.Dengan muhasabah diharapkan siswa-siswi bias mengikuti UN CBT dengan baik, lancer dan mendapatkan hasil baik.

Dengan Persiapan tersebut, SMK Negeri 10 Jakarta mengharapakan siswa – siswinya melaksanakan UN CBT dengan lancar dan prestasi untuk hasil Ujian Nasional lebih baik dari tahun sebelumnya.