Pada hari Selasa, Tanggal 23 Januari 2018 lalu, Perpustakaan SMKN 10 Jakarta baru saja meresmikan BI Corner sekaligus  mengundang penulis remaja yaitu Orizuka dan Dithapedhe dalam acara talkshow dengan tema “ Korea, Kpop dan Literasi”. Sedikit membahas tentang BI Corner, BI Corner adalah salah satu Program Sosial Bank Indonesia ( PSBI ) dan bekerjasama dengan Yayasan Pengembang Perpustakaan Indonesia ( YPPI ) berupa sudut baca yang berisikan rak beserta bukunya, yang saat ini berjumlah 199 buku dari bermacam penerbit, komputer dan juga TV. Dengan adanya BI Corner diharapkan dapat meningkatkan minat membaca dan membuat ruang baca yang nyaman serta menarik untuk dikunjungi. BI Corner di SMKN 10 Jakarta terletak didalam ruang Perpustakaan.

Kegiatan peresmian dibuka tepat pukul 09.00 Pagi, oleh duo MC Galang dan Meidi alumni sekaligus  Finalis Abang None Buku Tahun 2014. Diawali dengan pembukaan dan juga sambutan dari Kepala Sekolah SMKN 10 Jakarta, Ibu Aminah, M.Pd dan dilanjutkan sambutan dari Perwakilan Bank Indonesia, Ibu Trini Haryanti, kemudian disambung dengan pemutaran video PSBI oleh Bank Indonesia.

Acara dilanjutkan dengan Talkshow bersama Orizuka dan Dithapedhe dengan tema “ Korea, Kpop dan Literasi” ,latar belakang tema tersebut adalah menyatukan 2 hal yang saat ini sedang digemari oleh 70% siswa yang bersekolah di SMKN 10 Jakarta, yaitu Korean Pop dan juga Novel. Kedua penulis remaja yang menjadi narasumber pun berasal dari latar belakang yang berbeda, Orizuka atau yang nama aslinya adalah Okke Rizka Septania, adalah penulis novel remaja berbakat yang telah menghasilkan 27 karya, dan salah satu karyanya yang berjudul “ The Summer Breeze”  sudah pernah diangkat ke layar lebar pada tahun 2008, sedangkan Dithapedhe adalah penulis buku Korean Pop atau disingkat Kpop, yang baru saja meluncurkan karya keduanya yang berjudul “ EXO + Fangirls Noona Story”, penulis bernama lengkap Pradiptha Ambarwati Fatmala ini juga sudah sering bolak-balik korea dan tahun ini akan kembali ke korea untuk menjemput impiannya bekerja di korea. Dibalik perbedaannya, Orizuka dan Ditha memiliki satu kesamaan, yaitu sama-sama penulis yang karyanya sudah sangat diterima oleh public, disitulah tema literasi akan diangkat pada talkshow kali ini, para peserta yang semuanya siswa-siswi SMKN 10 Jakarta dapat mengetahui tips, trik dan bagaimana cara menulis yang baik sehingga dapat menghasilkan sebuah karya dan juga mengajak siswa-siswi yang mulanya enggan membaca menjadi berminat membaca, membaca apa yang mereka suka.

Selama acara Talkshow berlangsung, Orizuka dan Dithapedhe banyak memberikan jawaban-jawaban yang dapat menjadi inspirasi dan motivasi, selain itu kedua penulis berbakat tersebut banyak menceritakan pengalamannya selama menulis buku, kendala yang dihadapi sampai dengan inspirasi dari buku-buku yang mereka tulis. Orizuka bahkan mengatakan salah satu cara paling mudah agar orang gemar membaca adalah dengan membaca apa yang disuka, karena dengan begitu maka kegiatan membaca menjadi menyenangkan dan tidak membosankan. Sedangkan Dithapedhe menyampaikan motivasi untuk siswa-siswi yang hobi sekali menulis, memiliki beberapa karya orisinil tetapi tidak percaya diri dengan karyanya dan takut untuk menerbitkannya disekolah, ditha mengatakan, setiap orang harus optimis untuk apapun usaha yang dilakukannya, jika kita sudah optimis maka apapun yang kita kerjakan akan berjalan baik dan sukses, orizuka juga menambahkan bahwa karya yang tidak dipublikasikan tidak akan berguna untuk orang lain, sebab itu setiap orang harus yakin bahwa tulisanya akan sukses dan dapat menjadi inspirasi bagi yang membacanya.

Sebelum acara Talkshow diakhiri, Orziuka dan Dithapedhe melakukan sesi Tanya jawab, dan 2 orang penanya yang beruntung mendapatkan masing-masing 1 buah buku dari masing-masing penulis. Acara selanjutnya adalah pemberian kenang-kenangan dari SMKN 10 Jakarta kepada Orizuka dan Dithapedhe, sebelum berlanjut ke acara inti, yaitu peresmian BI Corner.

Tepat pukul 11.00 WIB acara peresmian BI Corner di Perpustakaan SMKN 10 Jakarta pun dimulai, diawali dengan symbol pemotongan pita oleh Ibu Trini selaku perwakilan Bank Indonesia dan YPPI bersama dengan Ibu Aminah selaku Kepala Sekolah SMKN 10 Jakarta.

Setelah pemotongan pita, acara dilanjutkan dengan pemotongan Tumpeng oleh Ibu Trini dan Ibu Aminah, dan diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dari SMKN 10 Jakarta kepada Perwakilan Bank Indonesia, pemberian kenang-kenangan ini juga sebagai wujud rasa terimakasih SMKN 10 Jakarta kepada Bank Indonesia juga Yayasan pengembang Perpustakaan Indonesia karena sudah memberikan kesempatan kepada Perpustakaan SMKN 10 Jakarta sebagai salah satu lokasi penempatan BI Corner, semoga kerjasama seperti ini akan terus berlangsung sampai ditahun-tahun berikutnya, dan semoga BI Corner ini dapat menjadi media untuk menambah pengetahuan dan sebagai tempat membaca yang nyaman agar menarik minat baca dan minat kunjung siswa-siswi ke perpustakaan.

Setelah acara resmi ditutup, Orizuka dan Dithapedhe masih berada di Perpustakaan SMKN 10 Jakarta untuk menerima sesi Tanda Tangan dan Juga berpoto bersama dengan siswa-siswi dan juga panitia.