Latar Belakang

Era pandemi Covid 19 yang berlangsung di Indonesia belum dapat diperkirakan dengan pasti kapan akan berakhirnya.  Bagi sekolah, kondisi ini sangat mempengaruhi dalam pemenuhan kurikulum yang telah ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan. Khususnya bagi SMK, dimana pelaksanaan kurikulum harusnya lebih banyak menekankan pada pembelajaran yang bersifat praktik.

Salah satu pemenuhan kurikulum yang wajib dilaksanakan di sekolah adalah Praktik Kerja Lapangan (PKL) dimana kegiatan ini diharapkan mampu menjembatani antara sekolah sebagai pencetak calon-calon tenaga kerja, dengan Dunia Usaha/Industri/Kerja (DUDIKA) yang akan menyerap calon tenaga kerja tersebut. Hal ini disadari bahwa sekolah baik dalam kemampuan tenaga pendidik dan penyediaan sarana dan prasarana pendidikan selalu berjalan tertatih ketinggalan dibelakang dari DUDIKA.  Sehingga melalui PKL ini diharapkan peserta didik mendapatkan transfer knowledge, transfer ketrampilan dan yang jauh lebih penting adalah terbentuknya soft skill peserta didik khususnya pengembangan dan pemantapan nilai-nilai; kejujuran, kedisiplinan, kerjasama, professional, komunikasi, inisiatif dan kemampuan beradaptasi pada lingkungan kerja yang sesungguhnya.  

Di SMK Negeri 10 Jakarta, pada tahun pelajaran 2020/2021, telah memprogramkan kegiatan PKL pada April sampai dengan Juni 2021. Namun karena diperkirakan sampai dengan waktu tersebut pandemi belum berakhir, maka hal ini mengakibatkan banyak DU/DI/KA yang tidak berani mengambil resiko dengan menerima peserta didik untuk dapat mendapatkan pengalaman riil di lapangan kerja.  Hal ini tentu harus disikapi dengan cepat mengingat waktu berjalan terus, dan kegiatan PKL harus tetap berlangsung, walaupun dapat dipastikan tidak akan berjalan secara optimal.

Dari informasi yang dihimpun oleh Pokja PKL dan dari laporan peserta didik OTKP, bahwa sampai saat ini belum ada permohonan PKL secara luring yang disetujui oleh DU/DI/KA. Menyikapi hal tersebut Tim Kompetensi Kealian OTKP, merencanakan pelaksanaan kegiatan PKL secara daring.  Mengingat bidang pekerjaan OTKP bersifat pelayanan administrasi, maka agak sulit untuk membuat PKL secara daring.

Setelah dilakukan diskusi yang cukup intens diantara guru-guru OTKP di SMK Negeri 10 Jakarta, maka disepakati untuk membuat scenario PKL daring, dengan membuat simulasi pekerjaan pelayanan administrasi di sebuah kantor/lembaga.  Dimana kantor/lembaga ini adalah fiktif hanya untuk kepentingan simulasi semata.

Untuk mendukung terlaksananya kegiatan PKL daring sebagaimana yang telah diskenariokan dengan baik, maka dibutuhkan scenario job desk dari setiap personil yang akan terlibat dalam kegiatan PKL dalam satu kantor/lembaga yang disiapkan.  Sehingga PKL daring walaupun tidak optimal namun tetap berlangsung dengan lancer dan bermakna bagi peserta didik, guru pembimbing dan sekolah.

Permasalahan

  1.  Pelaksanaan PKL secara luring di era pandemic ini sangat sulit untuk bisa dilaksanakan sesuai prosedur pada saat kondisi normal
  2.  Bidang pekerjaan pada kompetensi keahlian OTKP bersifat pelayanan yang berarti bahwa interaksi antar orang dalam penyelesaian pekerjaannya sangat tinggi
  3.  Sulitnya memberikan tugas/pekerjaan yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama
  4.  Sulitnya pengawasan selama pelaksanaan PKL secara daring
  5.  Keterbatasan pembimbingan yyang dilakukan oleh guru pembimbing
  6. Keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh peserta didik untuk menunjang pelaksanaan PKL secara daring

Tujuan

Kegiatan ini bertujuan untuk :

  1. Terbetuknya lembaga/kantor simulasai yang akan digunakan sebagai tempat PKL
  2. Tersusunnya scenario job desk setiap personil (peserta PKL) yang bertugas
  3. Tersusunnya perangkat PKL baik perangkat kerja maupun penilaian

Waktu Pelaksanaan

  1.  Diskusi penyamaan persepsi dan konsep dilaksanakan secara daring dengan GM pada Selasa, 16 Februari 2021 pukul 16.00 – 18.15.
  2.  Penyusunan Job Desk sebagai realisasi dari hasil diskusi dilaksanakan secara Luring pada Rabu, 17 Februari 2021, pukul 09.00 – 12.00 di AULA SMK Negeri 10 Jakarta.

Peserta Penyusunan Job Desk

Time Line

Kesepakatan Khusus

  1.  Disepakati dibentuk 9 perusahaan/lembaga dengan 4 jenis usaha, yakni perusahaan Retail, Jasa expedisi, Produksi dan Jasa Perbankan
  2.  Setiap kelompok yang ditempatkan dalam perusahaan, terdiri 3 – 4 orang.
  3. Setiap orang memegang jabatan/tugas dalam perusahaan tersebut dalam 1 minggu.  Jabatan/Tugas tersebut terdiri dari Resepsionis, Pembuat Surat, Penanganan Dokumen dan Penangan Kegiatan Insidental
  4. Setiap satu minggu akan dilakukan rolling jabatan/tugas, sehingga setiap anak akan mendapatkan tugas secara merata.
  5. Setiap satu bulan, akan dilakukan rolling perusahaan/lembaga.

Penutup

Semoga Allah SWT memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya, sehingga kegiatan penyusunan scenario job desk peserta PKL ini hingga pelaksanaan PKL secara Daring dapat berjalan dengan lancer dan  bermakna bagi peserta didik, guru dan sekolah.

Diucapkan terimaksih yang tak terhingga kepada semua pihak terutama kepada Ibu aminah selaku Kepala SMK Negeri 10 Jakarta yang telah membantu dan memfasilitasi kegiatan ini hingga terlaksananya PKL daring di Kompetensi Keahlian OTKP pada tahun 2021.

artikel disusun oleh Ka. Komp. Keahlian OTKP (Reny Ratnawati)

 Save as PDF
Related Articles

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.