Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka Belajar yang syarat dengan penilaian proses dengan menghasilkan produk nyata dalam sebuah proyek melalui beberapa tahapan. Adapun tahapan P5 diawali dengan memahami P5, kemudian menyiapkan ekosistem sekolah, mendesain projek P5, mengelola P5, mendokumentasikan serta melaporkan hasil P5, dan yang terakhir adalah evaluasi dan tindak lanjut P5.

SMKN 10 memilih tema Gaya Hidup yg Berkelanjutan dengan sub tema membuat Pupuk Organik Cair (POC).

Perubahan iklim menyebabkan banyak masalah lingkungan. Perubahan iklim yang mendorong terjadinya pemanasan global atau populer dikenal dengan istilah global warming. Sampah berkontribusi dalam memperburuk perubahan iklim yang mengakibatkan pemanasan global. Tidak hanya sampah anorganik, tumpukan sampah organik dilingkungan juga dapat mengeluarkan gas metana yang berperan dalam pemanasan global.
Kita wajib berperan dalam mencegah pemanasan global. Hal yang dapat dilakukan, antara lain mengolah sampah organik menjadi pupuk organik cair (POC). Selain dapat mengurangi faktor pemanasan global, POC juga memiliki nilai komersil karena dapat dijual kemasyarakat untuk meningkatkan kesuburan tanaman.

 Save as PDF

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.