Paskibraka adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dengan tugas utamanya mengibarkan duplikat bendera pusaka dalam upacara peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia di 3 tempat, yakni tingkat Kabupaten/Kota (Kantor Bupati/Walikota), Provinsi (Kantor Gubernur), dan Nasional (Istana Merdeka). Anggotanya berasal dari pelajar SMA/SMK Sederajat kelas 1 atau 2. Penyeleksian anggotanya biasanya dilakukan sekitar bulan April untuk persiapan pengibaran pada 17 Agustus.

Lambang Anggota Paskibraka adalah bunga teratai.

  • tiga helai daun yang tumbuh ke atas: artinya paskibraka harus belajar, bekerja, dan berbakti
  • tiga helai daun yang tumbuh mendatar/samping: artinya seorang pakibra harus aktif, disiplin, dan bergembira

Secara keseluruhan artinya adalah bahwa setiap anggota paskibraka memiliki jiwa yang sangat mulia. dan mengapa Lambang Anggota Paskibraka dilambangkan dengan Bunga Teratai. Karena Bunga Teratai tumbuh di lumpur dan berkembang diatas air yang bermakna bahwa anggota Paskibraka adalah pemuda dan pemudi yang tumbuh dari (Orang Biasa) tanah air yang sedang bermekar/berkembang dan membangun.

formasi pengibaran menjadi 3 kelompok yang dinamai sesuai jumlah anggotanya, yaitu:

  • Pasukan 17 / pengiring (pemandu),
  • Pasukan 8 / pembawa bendera (inti),
  • Pasukan 45/pengawal.

Jumlah tersebut merupakan simbol dari tanggal Proklamasi Kemerdekaan RI, 17 Agustus 1945 (17-8-45).

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Paskibraka

Siswi SMK Negeri 10 Jakarta dengan nama ASTI INDAH PERDANI kelas XI Pemasaran 1, lolos seleksi Paskibraka Tingkat Propinsi DKI Jakarta tahun 2014 dan menjadi Pasukan Pengibar Bendera di Propinsi DKI Jakarta, dan prestasi yang membanggakan itu kembali diraih ASTI INDAH PERDANI yang Menjadi Pasukan Pengibar Bendera di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2015. Dan tentunya ada keinginan siswa-siswi SMK Negeri 10 Jakarta untuk menjadi Paskibraka Tingkat Nasional yang biasa dilaksanakan di Istana Negara. Untuk itu SMK Negeri 10 Jakarta selalu mensupport Ekstrakurikuler sekolah salah satunya PASKIBRA 10 Jaya semoga tahun depan bisa terwujud menjadi PASKIBRAKA Nasional di Istana Negera.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *