Idul adha tahun ini SMK Negeri 10 Jakarta kembali mengadakan pemotongan hewan kurban yaitu 4 ekor sapi 2 ekor kambing, yang mana hewan kurban dari siswa, guru dan karyawan serta bantuan dari alumni serta Yayasan Alkahfi, dalam kegiatan ini panitia yang berasal dari perwakilan masing-masing kelas, pengurus OSIS, guru, karyawan. Saling bahu membahu dalam pemotongan hewan kurban tersebut, sebagian hewan kurban di bagikan dan dimasak untuk makan bersama seluruh warga sekolah. Dengan kegiatan yang InsyaAllah rutin dilaksanakan setiap tahunnya ini bertujuan salah satunya melatih anak-anak dalam berkurban,

Firman Allah Ta’ala,

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

Dirikanlah shalat dan berkurbanlah (an nahr).” (QS. Al Kautsar: 2)

Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ كَانَ لَهُ سَعَةٌ وَلَمْ يُضَحِّ فَلاَ يَقْرَبَنَّ مُصَلاَّنَا

Barangsiapa yang memiliki kelapangan (rizki) dan tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat kami.” (HR. Ibnu Majah no. 3123. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Semoga kami warga SMK Negeri 10 Jakarta selalu istiqomah dalam kegiatan yang menunjang keimanan dan ketaqwaan kita terhadap Allah Azza Wa Jalla, jika kita memiliki kelebihan harta dan sedang mukim, hendaklah kita berqurban karena qurban adalah sebaik-baik qurbah (pendekatan diri pada Allah) dan moga harta kita pun semakin berkah.

Related Articles

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.