Home automation adalah suatu rumah yang dilengkapi dengan sistem yang diintegerasikan untuk mengontrol alat – alat yang ada di rumah. Alat – alat tersebut dipadukan dalam suatu teknologi canggih guna mempermudah sang pemilik rumah untuk mengontrol keadaan dari alat – alat tersebut dengan penggunaan yang efesien dan mudah.

Salah satu tantangan di struktur mata pelajaran kurikulum 2013 khususnya RPL  SMKN 10 Jakarta adalah mata pelajaran Pemrograman Perangkat Bergerak yang mana implementasi dengan mengkombinasikan hardware dan software di SMK Negeri 10 Jakarta menerapkannya dengan membuat aplikasi home automotion.

Home Automotion di bimbing oleh Sindu Irawan, S.Kom (Jelajah Media Informatika ) dan di Uji oleh Endy Muhardin, ST ( Artivisi Intermedia )

Beberapa hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan Home Automation, antara lain :

  1. Lampu, AC, Kipas Angin, TV, Radio, Speaker, bisa dinyalakan melalui satu remote control, komputer, Tablet PC, Smartphone, bahkan saat anda tidak berada dirumah (via Internet).
  2. Bisa membuka/menutup tirai, mengunci pintu, menyalakan AC/Lampu,  secara otomatis.
  3. Bisa memutar film melalui iPad anda lalu secara otomatis TV menyala langsung memutar film.
  4. Jika rumah dilengkapi sensor & detector, ketika terjadi kebakaran, kebocoran gas, banjir, atau hal lain secara otomatis alarm berbunyi dan sistem akan memberitahu anda melalu sms/email (Hal ini sangat penting apalagi jika anda tidak sedang dirumah).
  5. Membuat skenario dan timer sesuai keinginan anda, misalkan pukul 6 sore lampu depan dan ruang keluarga menyala kemudian paginya mati secara otomatis.
  6. Memantau dan mengontrol seisi rumah anda melalui smartphone anda, misal anda lupa apakah sudah mengunci pintu atau apakah sudah mematikan lampu/AC.
  7. Dan masih banyak lagi.

untuk lengkap tutorial dan pembuatanya silahkan bisa diakses di http://it-club.smkn10jakarta.sch.id/mine/search/?cat=26

dan bisa dilihat di youtube, semoga dengan ini SMK Negeri 10 Jakarta lebih kreatif dalam dunia Teknologi dan Informasi.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *