Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah yang memegang peran utama dalam rangka implementasi fungsi dan upaya mencapai tujuan Nasional tersebut. Untuk menjalankan tugas utama guru harus memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi professional.

Pemilihan guru berprestasi jenjang SMK tahun 2017 merupakan salah satu implementasi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008. Guru berprestasi jenjang SMK merupakan guru SMK yang dapat menjadi model atau contoh bagi guru SMK lainnya. Guru tersebut mempunyai prestasi yang luar biasa atau melebihi yang dicapai SMK lain. Pemilihan guru berprestasi diharapkan berdampak positif bagi perkembangan pendidikan dan peningkatan mutu dan proses hasil pembelajaran. Melalui pemilihan Guru berprestasi jenjang SMK diharapkan semua pemangku kepentingan akan meningkatkan komitmennya dalam pembinaan dan pengembangan profesionalisme guru untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu.

(Sumber : http://www.bangsaku.web.id)

Dan Prestasi yang membanggakan ini, di peroleh oleh guru SMK Negeri 10 Jakarta, Guru terebut adalah  :

  1. TITIK KARYATI, S.Pd ( Guru Bahasa Indonesia ) mendapat Juara 2 Guru Berprestasi
  2. ISTIANA YULIANTI, S.Pd ( Sejarah Indonesia ) mendapat Juara 3 Guru Berprestasi

dengan prestasi yang membanggakan ini, semoga SMK Negeri 10 Jakarta akan menjadi sekolah yang punya banyak berprestasi baik prestasi guru dan prestasi siswanya, tingkat wilayah, propinsi ataupun tingkat nasional.

selain itu dalam waktu yang bersamaan siswa SMK Negeri 10 Jakarta juga berprestasi lewat lomba Kompetisi Bulutangkis tingkat jakarta timur yang diadakan oleh perguruan tinggi swasta, siswa tersebut adalah :

  1. NURUL ERLANGGA  12 AK
  2. ALFATH NUGRAHA   12 PM

Selamat buat guru dan siswa-siswi yang punya punya banyak prestasi, dan semoga lebih banyak prestasi lagi.