Lomba Kompetensi Siswa adalah kompetisi tahunan antar siswa pada jenjang SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan pada SMK peserta. LKS ini setara dengan OSN (Olimpiade Sains Nasional) yang diadakan di SMP/SMA. Pemenang LKS tingkat Nasional akan mewakili Indonesia ke ASEAN Skills(Kompetisi Keahlian tingkat ASEAN) dan World Skills International Competition (Kompetisi Keahlian tingkat Dunia). Siswa yang mengikuti LKS adalah siswa yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan provinsi dan karenanya adalah siswa-siswa terbaik dari provinsinya masing-masing.
Lomba Kompetensi Siswa diadakan setiap tahunnya. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada kompetisi keahlian tingkat internasional.
Untuk LKS tahun ini yang berbeda adalah SMK Negeri 10 Jakarta mengikut beberapa bidang lomba diantara 6 bidang lomba IT dan 3 bidang lomba Bisnis Manajemen :
1. Graphic Design Technology
2. IT – Web Design
3. IT – Networking Support
4. Web Design
5. Animation
6. Mobile Robotics
7. Secretary
8. Marketing
9. Accounting
Pertama kalinya SMK Negeri 10 Jakarta mengikuti LKS dengan 9 Mata Lomba, lomba di laksanakan di tingkat Jakarta Timur, di beberapa tempat lomba diantara di SMK Negeri 22 Jakarta, SMK PB Soedirman 1 dan 2, SMK Negeri 24 Jakarta dan SMK Negeri 52 Jakarta.

Dan hasilnya sangat membanggakan SMK Negeri 10 Jakarta, LKS Tingkat Jakarta Timur Tahun ini mendapatkan beberapa juara yang sangat luar biasa diantaranya :
1. Untuk Mata Lomba LKS Secretary
a. Juara 1 oleh Nur Rahmat Hidayat (XII AP2)
b. Juara 2 oleh Yosefina Damasa U.P.F (XII AP2)

2. Untuk Mata Lomba LKS Marketing
a. Juara 3 oleh Indah Ayu Tiara (XII PM1)

3. Untuk Mata Lomba LKS Accounting
a. Juara 3 oleh Tri Larasati (XII AK2)

4. Untuk Mata Lomba LKS Web Design
a. Juara 1 oleh Revando (XII RPL)
b. Juara 2 oleh Rizda Annisa (XII RPL)
c. Juara 3 oleh Muhammad Reyhan Abizar (XII RPL)

5. Untuk Mata Lomba LKS Software Application
a. Juara 3 oleh Agung Hallman Maliki (XI RPL)
b. Juara Harapan 1 oleh Ichsan Firdaus (XII RPL)

6. Untuk Mata Lomba LKS Robotic
a. Juara 3 oleh Dyo Rizqal Pahlevi (XII RPL)
b. Juara Harapan 1 oleh Fikri Fadillah (XI RPL)

 


Dan untuk Juara 1 dan 2 akan melanjutkan ke LKS Tingkat Provinsi DKI Jakarta, dan semoga bisa sampai Juara ke Tingkat Nasional, dengan prestasi ini diharapkan bisa menambah semangat untuk siswa-siswi yang lain untuk bisa meraih prestasi akademik maupun non akademik. Sekali lagi semangat untuk para Juara yang telah mengharumkan nama SMK Negeri 10 Jakarta.

SMK Bisa..!!!
SMK Negeri 10 Jakarta Juara …. !!!